Friday, September 5, 2014

Penipuan Berkedok Toko Untuk Belanja Online

Penipuan Berkedok Toko Untuk Belanja Online

Penipuan yang dilakukan dengan berkedok sebagai penjual atau toko untuk belanja online tidak hanya terjadi di dunia internet Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Kehadiran para penjahat cyber ini merupakan konsekuensi dari pesatnya perkembangan teknologi informasi yang ditandai dengan makin banyaknya pengguna internet.

Strategi penipuan yang dijalankan untuk menjerat korban, terutama mereka yang baru mengenal dunia online cukup canggih. Karena mereka juga menggunakan website dengan program dan themes yang tidak berbeda dengan yang digunakan oleh toko online profesional.

Sedangkan mereka yang tidak menguasai teknik website, memilih cara lebih sederhana dengan memanfaatkan situs jual beli yang menyediakan halaman secara gratis. Bahkan pada akhir-akhir ini media sosial pun digunakan untuk melakukan penipuan.

Penawaran yang dilakukan oleh situs toko online maupun yang dilakukan menggunakan situs jual beli ini secara sepintas tidak mengundang kecurigaan para konsumen, apalagi ketika sedang asyik berselancar untuk mencari dan membandingkan harga produk yang hendak dibeli. Tak mengherankan jika pakar IT pun bisa tertipu secara online.

Maka ketika konsumen akhirnya menemukan toko online atau penjual yang menawarkan melalui media sosial dengan harga paling murah. Tanpa curiga dan dengan sangat antusias konsumen melakukan kontak dan transaksi dengan toko online atau penjual pada salah satu situs jual beli yang ditemukannya.

Padahal secara rasional, sebuah produk yang sama akan djual dengan harga yang sama, pasalnya si penjual akan mendapat harga yang sama dari distributor atau pabrik. Jika terdapat selisih harga, maka hanya akan berselisih sedikit dengan harga yang ditawarkan oleh toko online atau penjual lainnya.

Jika sebuah produk yang sama ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah, seharusnya segera dicurigai bahwa barang tersebut palsu. Atau paling tidak, ada sesuatu yang tidak beres. Karena itu perlu dilakukan rechek dan konfirmasi terhadap toko online atau penjual tersebut.

Tetapi dorongan untuk mendapat produk dengan harga yang murah sering sering meniadakan timbulnya kecurigaan tersebut. Hal ini bisa dimaklumi karena setiap konsumen secara naluriah selalu menginginkan produk dengan harga paling murah dan paling berkualitas sekaligus.

Mungkin Anda sudah menyadari naluri yang "irrasional" tersebut. Tetapi saat berbelanja naluri itu secara otomatis akan muncul dan tanpa Anda sadari menguasai pola dan perilaku berbelanja Anda. Memang, bukannya tidak mungkin ada produk yang dijual jauh dibawah harga pasar, meskipun hal ini sangat jarang terjadi karena membutuhkan alasan yang sangat khusus.

Solusinya adalah cek toko online atau penjualnya. Luangkan waktu sebentar untuk membaca daftar penipu yang berkedok toko online dan penjual di situs jual beli yang dimasukkan dalam blacklist oleh beberapa situs yang peduli terhadap para konsumen di dunia online.

www.stoppenipuan.net

Situs Stoppenipuan.net menayangkan laporan yang disampaikan langsung oleh para korban penipuan berkedok belanja online. Menyajikan tutur bahasa seperti apa adanya dari berbagai kekesalan para korban serta proses belanja yang dilakukan sehingga berakhir dengan kekecewaan mereka.

Anda juga bisa membaca berapa rupiah jumlah uang para korban yang hilang ditipu oleh para penjahat lokal ini. Pada menu Blacklist Anda bisa membaca deretan panjang nomor ponsel, pin BB dan nomor dan nama rekening bank yang digunakan untuk menipu.

Mungkin saja disana terdapat kesamaan data dengan toko online atau penjual produk yang ingin Anda hubungi untuk melakukan transaksi. Jadi, sebelum terlanjur dan kecewa di belakang hari, disarankan klik tautan ini untuk menuju laman Stop Penipuan.

www.polisionline.com

Situs ini dikembangkan oleh salah seorang korban penipuan berkedok belanja online. Karena itu pada footbar sebelah kiri sang owner meminta perhatian kepada pengunjung agar tetap waspada dan berhati-hati dalam memilih toko online.

Karena mereka bisa saja sewaktu-waktu mengganti Alamat, Nama Domain, Nama Toko Online, Nomor Telepon/Hp untuk membuat tindak kejahatan atau modus penipuan secara online. Tanyakan orang yang lebih Faham sebelum berbelanja online dan terlibat masalah yang tak dikehendaki.

Polisionline.com tampil berbeda dengan mengutamakan penampilan homepage toko-toko online yang asli atau yang hanya abal-abal. Situs ini menyediakan widget untuk toko online yang benar-benar terpercaya. Admin polisionline.com melakukan konfirmasi dan menyertakan alasan untuk setiap situs toko online, apakah bisa dipercaya atu tidak.

Dalam situs ini Anda bisa dengan mudah membedakan toko online penipu dengan toko online profesional, karena dibawah tampilan screenshoot hompagenya masing-masing diterakan dengan huruf besar Toko Online Terpercaya 100% atau Toko Online Online Penipu 100%. Silahkan kunjungi hanya dengan sekali klik ke Polisi Online

www.datapenipu.com

Seperti moto yang terbaca pada headernya : Bersama Kita Wujudkan Keamanan Berbelanja. Owner situs ini memang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penipuan berkedok belanja online, hal ini didasarkan pada kenyataan semakin maraknya penggunaan internet untuk aktivitas jual beli.

Sehingga dengan meningkatkan konsumen memungkinkan pula akan timbul lebih banyak korban. Solusinya adalah memperingatkan konsumen online dengan menapilkan fakta-fakta riel berupa laporan korban secara langsung yang dilengkapi screenshoot dari struk transfer via ATM, rekening bukti tranfer, bahkan screenshoot SMS.

Tampilan datapenipu.com yang apa adanya ini justru menumbuhkan empati pengunjung terhadap korban penipuan berkedok belanja online, sekaligus mengetahui bagaimana modus operandi yang beragam digunakan para penipu itu untuk meyakinkan agar konsumen secepatnya mentransfer uang. Silahkan klik untuk membaca Data Penipu.

Mungkin selain ketiga situs tersebut masih terdapat situs lain yang tidak atau belum diketahui penulis dan memiliki misi menyelamatkan konsumen dari penipuan berkedok belanja online. Situs-situs tersebut dan situs lainnya yang sama patut mendapat apresiasi karena kontribusi mereka yang mulia terhadap konsumen online.



1 comments:

  1. Terima kasih sharingnya mas , sangat menambah wawasan..

    ReplyDelete